Minggu, 26 Oktober 2008

Bunga Anggrek

Bunga Anggrek Bunga Anggrek adalah salah satu jenis bunga yang sangat indah dan unik..Bunga anggrek terdapat diberbagai wilayah di dunia ini..telah ada sejak 120juta tahun yang lalu..Bunga anggrek dapat hidup dimana saja..Baik daerah tropis,sub-tropis,maupun daerah yang beriklim dingin..Tetapi dengan jenis yang berbeda pula..

Bunga anggrek sangat bervariasi..Sangat beragam jenisnya dan setiap bunga anggrek memiliki keunikan masing-masing...Ada jenis anggrek yang mudah dijumpai dimana saja tetapi ada pula bunga anggrek yang langka dan harganya sangat mahal..Dan terdapat 35000 spesies anggrek..menanam bunga anggrek tidaklah sulit...

Untuk melakukan penanaman bunga anggrek dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
1. Sediakan pot yang bagian bawahnya terdapat lubang untuk pembuangan air serapan akar..
2. Pilihlah pupuk yang mengandung potassium untuk perkembangan bunga dan buah, fosfor untuk produksi bunga, dan nitogren untuk pertumbuhan tanaman. Bila medium anggrek dibuat dari kulit kayu yang telah dibusukkan, nitrogen sangat diperlukan karena medium tersebut dihasilkan dari pembusukan kulit kayu oleh bakteri.
3. lalu air untuk menyiram bunga anggrek

Langkah merawat bunga anggrek agar tetap indah:
1. pertama pencahayaan sangatlah penting..Cahaya yang diserap tidak boleh terlalu banyak..
2. penyiraman bunga anggrek tidak boleh terlalu banyak..cukup 5-10 hari sekali..Dan saat penyiraman,pastikan bagian akar anggrek telah kering agar akar tidak busuk dan mati..dan lebih baik penyiraman anggrek dengan air hujan..
3. kelembaban...Anggrek rata-rata sangat menyukai kelembaban..Jadi lebih baik anggrek dibiarkan tetap lembab dengan suhu yang sedang...
4. dan yang trakhir adalah pemindahan pot..Bunga anggrek harus dipindahkan dari pot paling tidak 1-1,5 tahun sekali agar bunga anggrek dpat leluasa bernafas.Karena past bunga anggrek mengalami pertumbuhan,jadi membutuhkan pot yang lebih besar..

Beberapa jenis-jenis bunga anggrek:
1. Anggrek BulanAnggrek bulan banyak jita jumpai didaerah tropis seperti Indonesia..

2. Anggrek MacanBunga anggrek macan dapat kita jumpai didaerah papua dan sangat langka.Harganya pun sangat mahal..Motif dari bunganya seperti macan dan sangat indah..Bunga anggrek macan butuh udara yang sangat lembab dan pencahayaan yang sedikit...


3. Anggrek Serat dari Sulawesi Tenggara
Apakah kamu menyukai tanaman anggrek? Ternyata, ada salah satu jenis anggrek yang tergolong sebagai tumbuhan langka. Namanya, anggrek serat (Diplocaulodium etile). Tanaman ini pernah menjadi maskot Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)Namunnanggrek serat dikabarkan mulai menghilang alias langka. Hal ini diungkapkan oleh seorang pencinta tanaman anggrek di Kendari, Sultra. Ia mengaku kesulitan menemukan anggrek serat dalam beberapa tahun terakhir. Padahal sekitar lima tahun lalu, tanaman ini masih sering diperjualbelikan oleh masyarakat.

Langka BersamaanKondisi langkanya anggrek serat juga terjadi di Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai (TN-RAW), Sultra. Menurut pemerhati masalah lingkungan, situasi ini terjadi bersamaan dengan langkanya sejumlah satwa dilindungi di taman nasional tersebut. Misalnya, rusa, anoa, dan burung maleo.Kelangkaan anggrek serat dan satwa dilindungi tersebut terjadi akibat perburuan liar. Banyak lahan hutan yang telah dirusak warga. Ini membuat tumbuhan dan satwa langka yang hanya terdapat di Sultra itu pun, perlahan-lahan menghilang dari habitatnya.

4. Anggrek Hitam di Kalteng Perlu DilestarikanSebagai jenis flora endemic Kalimantan yang dilindungi, anggrek hitam di Kalimantan Tengah perlu dilestarikan. Dekade tahun 1980-an, anggrek ini masih mudah ditemukan di tepi jalan kawasan Marang, Kecamatan Bukit Batu, Palangkaraya.
Anggrek hitam merupakan sumber plasma nutfah yang memungkinkan dijadikan ..Di Kalteng, anggrek hutan saat ini relative masih mudah dijumpai di hutan-hutan daerah aliran sungai Barito, semisal di Kabupaten Barito Utara, Barito Selatan, dan Barito Timur. Keberadaan anggrek hitam alam makin sulit ditemui di daerah yang telah dibuka untuk peruntukan lain, semisal pemukiman. Hasil survey yang dilakukan Perkumpulan Penyelamat Satwa dan Perkumpulan Pemuda Mandiri menunjukkan keberadaan anggrek hitam di kawasan sekitar Desa Merutuwu, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah.Anggrek hitam (Coelogyne pandurata) adalah jenis anggrek alam dari Kalimantan, berbau harum lembut, dan mekar antara 5-6 hari. Anggrek hitam ini banyak diminati sehingga keberadaaannya di alam terancam akibat pengambilan yang berlibihan.

Faktor pengancam kelestarian anggrek hitam antara lain perubahan atau rusaknya habitat tumbuh anggrek tersebut akibat penerbangan, konversi lahan untuk pertanian atau permukiman, pertambangan maupun terjadinya fragmentasi habitat. Apabila hal itu terjadi terus-menerus, anggrek hitam dikhawatirkan punah. Padahalm anggrek hitam termasuk jenis tumbuhan dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah No 7 Tahun 1999 yang dikeluarkan pada 27 Januari 1999.Menurut Taufik, dimungkinkan pula pengelolaan kawasan tersebut secara legal oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur. Pengelolaan dilakukan dengan menjadikan lingkungan tempat tumbuh anggrek hitam sebagai kawasan konservasi, pusat penelitian alam. Sebagai gambaran, kawasan hutan adapt Desa Murutuwu berbatasan dengan tiga desa. Di sebelah selatan Desa Telang, Siong, dan disebelah utara Desa balawa. Keempat desa ini disebut desa Paju Epat karena dalam sejarah merupakan tempat asal usul suku Dayak Maanyan.Kawasan ini sejak turun-temurun menjadi milik Desa Murutuwu karena merupakan hutan adapt. Masyarakatnya memangaatkan hasil hutan untuk sekadar mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, untuk kebutuhan upacara ritual adapt Kaharingan Ijame, uaitu pemnuatan raung atau kayu untuk menyimpan tulang yang dibakar.




1 komentar:

spidool mengatakan...

alo indah----met kenal--gw adi
gw mo promo nih..
gwe jual kaos lukis, sampelnya ada di www.spidool.blogspot.com
thanks